Bersepeda Bersama Ketua DPW PPNI DKI Jakarta

Minggu, 19 Juli 2020

Ketua DPD PPNI Kota Administrasi Jakarta Barat & Team mengadakan acara Gowes Sepeda bersama Ketua DPW PPNI DKI Jakarta Bapak Jajang Rahmat, selain untuk bertujuan meningkatkan kualitas kesehatan, juga untuk silaturahmi dianatara pengurus organisasi profesi perawat.

Sudah banyak komunitas sepeda di Jakarta salah satunya DPD PPNI Kota Adminisrasi Jakarta Barat, yang sudah hampir rutin setiap minggu diadakan Gowes bersama yang di Pelopori oleh Bapak Supriyadi dan di Komandani oleh Ketua DPD PPNI Jakarta Barat Bapak Indra Jaya Permana.

Banyak manfaat Bersepeda seperti yang di sampaikan di artikel Fiki Ariyanti : https://www.cermati.com/artikel/sehat-enggak-harus-mahal-rasakan-manfaat-dahsyat-gowes-sepeda.

Ini salah satu isi artikelnya . Sebetulnya kenapa sih bersepeda harus jadi gaya hidup kamu? Apa manfaat bersepeda bagi dompet dan kesehatan tubuh?

1. Hemat Uang

Sudah pasti bersepeda bisa menghemat pengeluaran kamu. Misalnya saja ongkos transportasi menggunakan Transjakarta PP rumah-kantor per hari Rp7.000. Dikali jumlah hari kerja 22 hari, maka kamu bisa hemat Rp154 ribu per bulan. Jika dihitung selama 1 tahun (12 bulan), maka jumlahnya Rp1,85 juta per bulan. Sementara kalau dengan bersepeda, gaji kamu bisa utuh.

2. Bebas Dari Macet

Kalau manfaat ini tidak usah ditanya lagi, gowes sepeda ke kantor lebih efisien karena tidak akan terjebak kemacetan. Dengan demikian, kesehatan mentalmu akan lebih terjaga karena tidak harus berkutat pada masalah kemacetan.

3. Mengurangi Stres dan Depresi

Biasanya seseorang mengayuh sepeda tidak terburu-buru alias santai. Bersepeda di pagi hari, bonusnya bisa menghirup udara segar, sehingga dapat mengurangi stres dan depresi, serta meningkatkan rasa bahagia. Bersepeda tidak monoton, karena kamu mengayuh pedalmu sambil melihat pemandangan beragam, seperti gedung pencakar langit. Syukur-syukur masih menjumpai danau atau pemancingan, area persawahan, sehingga dapat memperbaiki mood.

4. Menurunkan Berat Badan dan Mengencangkan Otot Paha

Gowes secara rutin dapat membakar kalori, lemak dalam tubuh, dan menurunkan berat badan. Tidak usah lama-lama, cukup 30 menit setiap hari. Karena berdasarkan studi, bersepeda dapat memberangus 5 kg lemak. Selain itu, menggenjot sepeda mampu mengencangkan otot paha. Jangan lupa pemanasan dulu ya sebelum gowes untuk menghindari nyeri pada betis dan paha setelah bersepeda nantinya

5. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung, Kanker, dan Diabetes

Manfaat olahraga sepeda bagi kesehatan memang dahsyat. Bersepeda secara teratur dapat melancarkan aliran darah, menjaga kesehatan jantung, mengurangi risiko kanker usus dan payudara, serta penyakit diabetes karena tubuh diajak untuk beraktivitas secara berkala.

Sampai jumpa lagi di acara Gowes berikutnya dan semoga Pandemi Covid-19 Segera selesai khususnya di Indonesia Umumnya di Dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Hallo !!
Ada yang bisa kami bantu ?